Cara cepat mentransfer file langsung dari PC ke PC

Dalam postingan ini saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara transfer file dari komputer satu ke komputer lain secara langsung.
Umumnya untuk transfer file antar komputer kita gunakan flashdisk atau HDD external, namun dengan kabel RJ 45 crossover anda bisa melakukannya 2x lebih cepat.

RJ 45 kita kenal sebagai kabel ethernet. penghubung komputer dengan jaringan lokal atau internet. Nah, kalau dengan kabel RJ 45 saja maka tidak bisa mensupport transfer file, kita butuh kabel RJ 45 crossover biar bisa transfer file antar komputer. Perbedaan kabel bisa dilihat pada skema berikut.

Anda bisa mendapatkan kabel ini di toko-toko komputer. Setelah itu tinggal sambungkan kedua PC dengan kabel RJ 45 crossover. Tunggu sampai keduanya terkoneksi dengan baik yang ditandai dengan munculnya local area connection is now connected di kedua komputer.
Perhatikan juga IP address masing-masing komputer, saya ambil contoh wireless networking di PC saya.

Selanjutnya anda tinggal share drive di kedua PC lalu klik kanan my computer map network drive.

Kalau tidak ada kesalahan maka akan muncul kotak dialog login. Ketik saja nama komputer tujuan dan kosong kan passwordnya. Nah, sekarang anda sudah bisa transfer file lewat PC. Selamat mencoba..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s