beda website gratis dengan berbayar

 

Sebagian orang dimanjakan dengan website yang gratis, mudah dan gak pakai lama, dan sebagian orang lagi merelakan dirinya merogoh kantong dalam-dalam untuk membayar biaya tahunan domain dan hosting serta direpotkan dengan urusan teknis lainya. Bahkan sering menggunakan jasa-jasa prefesional dalam bidang website. Mengapa dan apa perbedaan sebenarnya website gratis dengan berbayar??

Dari awal sudah kita ketahui kalau website gratis yaitu website yang dibuat tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun bahkan tanpa direpotkan dengan urusan teknis pengelolaan, sedangkan website berbayar yaitu website yang dibuat dengan biaya khusus bahkan kadang tidak tergolong murah karena menggunakan jasa prefesional dalam bidang website. Website berbayar memerlukan pengetahuan lebih dalam hal teknis pengelolaannya. Mari kita lihat ragam perbedaan kedua jenis website ini :

Website Gratis

Beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui jika memiliki website gratis adalah :

  1. Website gratis disediakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang internet seperti : http://www.wordpress.com, http://www.blogspot.com (Google), http://www.hpage.com, http://www.imcreator.com, http://www.yola.com, http://www.webstarts.com, http://www.ucoz.com
  2. Untuk memiliki website gratis anda hanya perlu modal email dan pengetahuan umum cara menggunakan browser serta cara-cara mengisi formulir pendaftaran
  3. Setelah mendaftar anda bisa memiliki sebuah alamat web sesuai keinginan yang berada dibawah alamat domain utama seperti http://zainal.wordpress.com atau http://zainal.blogspot.com.
  4. Anda diberikan fasilitas untuk mengelola tampilan secara instan, dan disediakan ruang untuk menulis artikel atau informasi yang ingin anda publikasikan diinternet.
  5. Anda diberikan ruang penyimpanan tak terbatas, dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh penyedia
  6. Web anda dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang bisa digunakan untuk mempermudah pengelolaan dan monitoring perkembangan publikasi diinternet serta fasilitas berkomunikasi dengan pengunjung.
  7. Halaman web anda akan otomatis ter index oleh mesin pencari walaupun kadang sedikit lama.
  8. Pada dasarnya jika tujuan anda hanya untuk mempublikasikan artikel, produk maupun gambar, dan tidak terlalu penting untuk anda, layanan website gratis ini sangat ideal dijadikan pilihan.

Yang perlu anda ketahui dan sadari jika mempunyai website gratis adalah :

  1. Website anda bergantung kepada kebijakan perusahaan penyedia, yang artinya jika suatu saat layanan tersebut harus berbayar maka untuk melanjutkanya anda harus mengikuti aturan tersebut.
  2. Jika website anda terhapus, dihapus ataupun hilang, berubah ataupun dirubah, anda tidak bisa menuntut siapa-siapa.
  3. Website anda bisa dinilai kurang serius karena menggunakan gratisan
  4. Anda tidak berhak mengetahui secara mendalam apa yang terjadi terhadap informasi yang anda simpan dalam website gratisan tersebut
  5. Untuk keperluan bisnis atau membangun image perusahaan maupun lembaga, website jenis ini sangat tidak dianjurkan karena kurang memenuhi kriteria.

Website Berbayar

Ada beberapa perbedaan yang mungkin akan membuat anda berfikir positif bahwa memang yang berbayar akan lebih ideal dipilih jika anda serius ingin memiliki website, apa saja ?

  1. Anda harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan alamat website (domain) dan hosting (tempat penyimpanan)
  2. Anda akan memiliki domain sesuai keinginan misal : www.satriamultimedia.com atau www.inspirasidigital.com dengan banyak pilihan lainya seperti .org, .net, .info, .ac.id, .web.id dll.
  3. Anda akan memiliki email sendiri sesuai domain anda misal : zainal@satriamultimedia.com
  4. Anda bisa memilih jenis aplikasi pengelola web apa saja (CMS – Conten Management System) yang anda sukai dan  sudah tersedia dalam hosting. Tentunya ini akan bisa digunakan untuk banyak keperluan seperti profil perusahaan, toko online, komunitas dll.
  5. Anda memiliki akses penuh dalam mengelola file, email, database, gambar dan semuanya yang ada dalam website walaupun ada batasan-batasan khusus seperti pembatasan ruang penyimpanan dan jumlah pemakaian lalu lintas data (bandwidth).
  6. Untuk website jenis ini sebaiknya pengelola mengetahui hal-hal teknis seperti manajemen file hosting seperti Upload, konfigurasi server, installasi perangkat lunak (CMS), optimalisai web (SEO – Search Engine Optimization), mengenal istilah-istilah dalam web dll.
  7. Anda disediakan fasilitas backup dan restore file jika suatu waktu terjadi kerusakan atau kesalahan dengan website anda.
  8. Anda bisa menuntut pihak penyedia hosting jika terjadi kerusakan atau ada layanan yang tidak sesuai dengan apa yang sudah anda bayar.
  9. Tentunya dengan penggunaan layanan berbayar anda bisa membangun usaha dan image perusahaan ataupun lembaga lebih baik.

Jika anda ingin lebih serius dalam membangun website, memanfaatkan website untuk usaha bisnis, memberikan layanan publik, media informasi resmi perusahaan atau lembaga, lebih saya sarankan menggunakan website berbayar.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s