Membangun Jaringan Komputer

Dalam membangun jaringan komputer, ada dua kemungkinan kondisi yang ada. Jika perusahaan kita adalah perusahaan kecil dengan sedikit karyawan dan tidak banyak komputer, kita dapat merencanakan jaringan berdasarkan hardware yang dibutuhkan untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut. Jika perusahaan kita skala menengah atau perusahaan yang berkembang dengan sangat cepat, rencana jaringan harus berdasarkan arus informasi yang dikumpulkan, disimpan dan disebarluaskan perusahaan kita.

Secara sederhana sebelum membangun jaringan komputer mulailah mengambar posisi komputer dan printer yang akan dibangun serta letak perkabelan dan devices lainnya, dan melakukan inventaris peralatan yang ada dan prediksi peralatan yang akan datang dalam beberapa bulan atau tahun kedepan.

Secara garis besar ada beberapa tahapan dalam membangun jaringan komputer LAN. Tahapan-tahapan dalam membangun jaringan komputer diantaranya ;

Menentukan teknologi tipe jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI).
Memilih model perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial).
Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star).
Menentukan teknologi Client/server atau peer to peer.
Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux).

Ada banyak media yang digunakan untuk membangun jaringan komputer, karena saat ini teknologi yang menghubungkan komputer tidak hanya menggunakan sistem kabel tapi dapat juga menggunakan alternatif lain misalnya wireless.

Membangun jaringan komputer yang menggunakan media kabel, pastilah menggunakan kabel untuk menghubungkan beberapa komputer, ada beberapa macam kabel yang biasa digunakan yaitu, UTP (Unshielded Twisted-Pair), Coaxial, Fiber Optic.
Netword Interface Card (NIC), suatu perangkat antar muka untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
Switch atau Hub, perangkat yang difungsikan mengatur komunikasi data untuk mengkoneksikan kabel UTP yang biasanya menggunakan topology star, perangkat ini berfungsi sebagai terminal dari beberapa komputer.
Server, komputer khusus atau komputer yang dijadikan sebagai sentral untuk pengolahan data dan komunikasi lainnya, seperti Webmail, webserver, dll.
Modem (Modulator Demulator), perangkat optional ini digunakan jika ingin membangun jaringan ke Internet, modem dikoneksikan dengan jaringan lain tergantung dari layanannya.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membangun jaringan komputer LAN. Semoga kehadiran tulisan ini bermanfaat,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s