8 Makanan Sehat Untuk Kesehatan Jantung

Jutaan orang di dunia meninggal setiap tahunnya akibat penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian manusia di seluruh dunia. Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap meningkatnya risiko penyakit jantung adalah makanan. Oleh sebab itu, demi menjaga kesehatan jantung, anda dianjurkan untuk tidak sembarangan dalam memilih makanan. Pilihlah makanan-makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung anda seperti yang akan diulas berikut ini.
8 Makanan untuk kesehatan jantung

1. Oatmeal
Oatmeal atau yang lebih dikenal dengan bubur gandum adalah salah satu makanan terbaik untuk mencegah penyakit jantung. Memilih oatmeal sebagai menu sarapan pagi setiap hari juga bermanfaat dalam membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL Cholesterol).

2. Tomat
Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa tomat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Antioksidan pada tomat seperti likopen, vitamin C, dan beta-karoten berperan penting untuk melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel dan membran sel dalam tubuh. Perlawanan ini akan mencegah aterosklerosis, sebuah penyakit yang terkait dengan arteri.

3. Apel
Apel memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berdasarkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa makan satu atau dua buah apel setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apel mengandung pektin, serat larut yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitu merupakan alternatif yang baik dari sekian minyak lainnya yang mengandung lemak jenuh tinggi. Berbeda dengan minyak lainnya, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Lemon
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, dipublikasikan oleh Journal of Epidemiology, menemukan bahwa ada korelasi antara makan buah citrus seperti lemon atau jeruk nipis dengan lebih rendahnya risiko penyakit jantung. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi lemon memiliki risiko yang lebih rendah terkena stroke.

6. Bayam
Bayam, sama seperti sayuran hijau tua lainnya, mengandung beta-karoten. Beta-karoten adalah antioksidan yang berfungsi untuk melawan penyakit jantung dan kanker. Bayam mentah juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C.

7. Bluberi
Sebuah studi yang dilakukan di Amerika menemukan bahwa blueberry membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Efek antioksidan dari blueberry bekerja mengurangi stres oksidatif yang mengarah ke penyakit jantung.

8. Kacang tanah
Para peneliti di Pennsylvania State University melakukan penelitian tentang manfaat dari konsumsi kacang dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang tanah memiliki sekitar 35 persen risiko penurunan penyakit jantung koroner.

semoga bermanfaat,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s