8 Cara Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Karena dengan hal-hal sederhana saja, ternyata juga dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh. Jika anda ingin tetap sehat dan bugar setiap hari, mungkin 8 cara sederhana ini bisa dijadikan pertimbangan :

1. Olahraga Kardiovaskular

Lakukan olahraga kardiovaskular atau olahraga yang dapat memacu denyut jantung selama 30 menit beberapa kali dalam seminggu. Dokter bedah menyarankan olahraga ini karena dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan kesehatan kardio, mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Jika anda tidak sempat berolahraga, maka berjalan kakilah sebanyak 3 kali selama 10 menit dalam sehari. Jika diasumsikan berdasarkan intensitas, maka hal tersebut akan sama dengan olahraga yang dilakukan selama 30 menit, membakar kalori sama banyaknya dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Konsumsi buah dan sayuran segar

Konsumsilah lima hingga sembilan porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari. Buah dan sayur akan memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat yang diperlukan tubuh. Jika anda tidak dapat mengonsumsi buah dan sayur, multivitamin bisa menjadi alternatif.

3. Tidur

Tidurlah setidaknya tujuh jam setiap malam. Kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Sejumlah penelitian telah mengaitkan antara kurang tidur dengan berat badan dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sempatkan untuk tidur siang sebentar. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang tidur siang walaupun sebentar setiap hari, memiliki tingkat risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit jantung daripada mereka yang tidak pernah tidur di siang hari.

4. Konsumsi ikan

Konsumsilah ikan dua kali seminggu. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan ikan tawar lainnya mengandung DHA dan EPA, asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam banyak penelitian dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Cuci Tangan

Cuci tangan anda dengan air dan sabun setiap kali anda menyentuh benda apapun yang sekiranya dicurigai terdapat bakteri atau kuman. Benda-benda disekitar area publik sangat rentan terhadap adanya kuman dan bakteri. Kelihatannya sepele, namun jika tangan ‘kotor’ anda mengenai bagian wajah anda seperti mata, hidung, atau mulut, maka bukan tidak mungkin anda akan terkena flu atau penyakit pencernaan. Selain cuci tangan, anda juga bisa menggunakan tisu basah untuk mensterilkan tangan dari bakteri.

6. Sarapan

Sarapan sangat penting bagi tubuh sebelum melakukan aktivitas. Tidak sarapan pagi telah dikaitkan dengan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan seperti diabetes dan obesitas. Sarapan pagi akan memberikan energi tubuh untuk menjalankan aktivitas hingga siang hari. Sarapanlah dengan makanan berkarbohidrat kompleks dan protein seperti dua potong roti gandum utuh, telur, segelas susu skim, dan seporsi buah.

7. Sikat gigi

Area mulut adalah tempat tinggalnya bakteri. Anda harus menjaga kebersihan mulut terutama gigi. Lakukan sikat gigi sehabis makan agar sisa-sisa makanan tidak tertinggal dan agar bakteri tidak dapat merusak gigi. Sakit gigi akibat gigi berlubang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan anda secara keseluruhan.

8. Latihan angkat beban

Sempatkanlah latihan angkat beban setidaknya dua kali seminggu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa angkat beban dapat memperkuat massa tulang, membakar kalori lebih efisien, mengurangi lemak tubuh, dan mengurangi risiko penyakit koroner serta diabetes, kata Vonda, seorang ahli bedah ortopedi di University of Pitssburg Medical Center. Jika terkendala dengan alat bantu, anda bisa melakukan latihan yang menggunakan berat tubuh untuk memperkuat otot seperti push-up dan sejenisnya.

semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s