6 Alasan Anda Harus Sarapan Pagi

Apakah anda termasuk orang yang selalu meninggalkan sarapan pagi? Jika ya, maka hal tersebut patut anda pertimbangkan kembali. Hal ini dikarenakan, sarapan pagi memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Menurut beberapa penelitian, sarapan pagi sangat penting, entah itu hanya secangkir kopi yang ditemani dengan roti dan buah, ataupun hanya semangkuk sereal. Apapun makanan sehat yang anda makan di pagi hari, semua itu dapat memberikan kontribusi yang positif bagi anda sebelum melakukan aktivitas di pagi hari. Adapun 6 alasan mengapa anda dianjurkan untuk sarapan di pagi hari adalah :

Melewatkan Sarapan Pagi Berelasi Dengan Resiko Obesitas
Sebuah penelitian pada tahun 2003 di American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan, cenderung 4,5 kali menjadi lebih gemuk daripada orang yang selalu menyempatkan waktu untuk sarapan. Penelitian yang melibatkan 499 orang yang dietnya dipantau selama kurun waktu setahun tersebut, juga menunjukkan bahwa makan malam di luar rumah dan melewatkan sarapan berelasi dengan resiko obesitas.

Sarapan Pagi Dapat Mengurangi Resiko Akan Penyakit Diabetes Tipe 2 dan Kardiovaskular
Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2003 pada konferensi tahunan American Heart Association menunjukkan bahwa, orang yang selalu sarapan cenderung memiliki kadar gula darah yang baik dan tidak cepat lapar di siang harinya. “Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sarapan pagi adalah sesuatu yang penting saat ini,” ujar seorang peneliti, Dr Mark Pereira, dari Harvard Medical School. “Sarapan memainkan peran penting dalam mengurangi resiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular”.

Sarapan Pagi akan membuat anda Lebih Berenergi
Makan sarapan yang tinggi serat dan karbohidrat rendah bisa membantu Anda merasa lebih berenergi dan menjaga tubuh dari perasaan lelah sepanjang hari, menurut sebuah studi tahun 1999 di International Journal of Food Sciences and Nutrition.

Melewatkan Sarapan Pagi Cenderung Memiliki Kadar Kolesterol yang Buruk
Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi lebih cenderung memiliki kadar kolesterol yang buruk dan sensitivitas insulin akan menurun dibandingkan dengan orang yang sarapan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa orang yang sarapan cenderung mengonsumsi sekitar 100 kalori lebih sedikit per hari jika dibandingkan dengan orang-orang yang melewatkan sarapan.

Sarapan Pagi Membantu Anda Untuk Meningkatkan Memori Otak
Mengonsumsi makanan tinggi energi saat sarapan bisa membantu anda dalam meningkatkan memori jangka pendek, menurut sebuah studi yang melibatkan 319 remaja (antara usia 13 hingga 20 tahun) dalam Journal of Adolescent Health. Para peneliti juga menemukan bahwa makan sarapan berkalori tinggi akan menghambat konsentrasi.

Melewatkan Sarapan Pagi Justru Membuat Anda Mengonsumsi Banyak Lemak
Orang yang jarang sarapan cenderung akan mengonsumsi lebih banyak lemak dan hanya mengonsumsi sedikit nutrisi-nutrisi yang penting seperti kalsium, kalium, dan serat jika dibandingkan dengan orang yang selalu menyempatkan sarapan. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2011 dalam Journal Nutrition Research and Practice.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s