Cara menyembunyikan Drive Harddisk

Cakram keras (bahasa Inggrisharddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drivedisingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TBdengan ukuran standar 3,5 inci.

Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar

Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire

Cara menyembunyikan Drive Harddisk

Banyak cara yg bisa kita gunakan untuk menyembunyikan partisi hardisk / Drive Harddisk agar tidak mudah diakses orang lain, salah satunya dengan cara seperti ini,  jika anda menggunakan sistem windows :

  • Klik Start, Klik Run dan ketik diskpart, Enter.

  • Akan muncul jendela DOS, ketik list volume, Enter.
  • Jika Drive E yang akan disembunyikan, pilih dulu volumenya, ketik select volume 3, dan  tekan Enter.
  • Ketik remove letter E , tekan Enter .
  • Selesai

 

Untuk memanggil kembali Drive E yang disembunyikan (lakukan cara diatas) , pilih  volume yang disembunyikan (mis, select volume 3) dan ketik assign letter E, Enter.

Lakukan  cara di atas bila ingin menyembunyikan drive lainnya. Dengan cara ini anda dapat menyembunyikan lebih dari satu drive. Jangan kwatir jika komputer anda minta reboot karena dngan melakukan ini data anda dijamin aman. Sy sarankan jangan menyembunyikan drive c (drive sistem) supaya tidak membingungkan anda.

referensi :

http://google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s