Dasar HTML

Nah, anda pasti sudah banyak melihat tutorial tutorial HTML yang ada di ilmuwebsite.com. Tapi, masih ada 1 kekurangan, tutorial HTML untuk tingkat pemula???

Tapi sebelum itu,? ada yang perlu diketahui.,.,

tag <>

digunakan untuk menuliskan sintak, ada dua jenis, yaitu tag container dan tag biasa.

Tag container adalah tag yang berisi text yang akan ditampilkan setelah tag ditutup. Contoh: <td> text yang ditampilkan </td>.

Tag biasa, yahh…tag aja, contoh <BR> (break). <br> kaga perlu ditutup oleh tag </br>, tapi jika sintak yang digunakan tag container, contoh: <h1>, yah mesti ditutup dengan </h1>.

Tag yang digunakan untuk mengakhiri sintak punya karakter / (slash) sebelum sintaknya, contohnya: <td> </td>

Kita juga dapat mengetik attribut di dalam sebuah tag, contoh: <body bgcolor=”red”> </body>. atau <input type=”text”>.

LANGKAH 1

  • MEMBUKA NOTEPAD.

LANGKAH 2

  • MENGETIKKAN SINTAK/SYNTAX.

Berikut ini adalah syntax dasar yang membentuk suatu HTML.

pertama, ketikkan

<html>

tekan enter, kemudian ketik

<head>

Dalam container head, kita bisa mengetikan beberapa sintak, tapi yang paling penting jangan lupa mengetikan sintak <title> judul halaman web </title>. Untuk sintak lain nanti saja.

Sekarang ketikkan sintak title tadi, jadi seperti ini:

<head> <title> judul halaman web </title> </head>

Kemudian ketikkan <body>. Tag body merupakan badan/tubuh/inti dari halaman web, tampilan web yang kita lihat itu berasal dari <body>.

Body tuh tag container, jadi mesti ditutup. Hasil sampai sekarang:

<html>

<head>

<title> Judul Halaman Web </title>

</head>

<body>

</body>

?

Selanjutnya bagaimana cara menampilkan tulisan ke dalam HTML??? Ketikan sembarang text ke dalam tag body, contohnya seperti ini :

<body>

Contoh text yang ditampilin di halaman web, By: C.H.I.P. Sensei

</body>

terus, jika sudah, ketikkan </html>, script lengkapnya seperti ini :

<html>

<head>

<title> Judul Halaman Web </title>

</head>

<body>

Contoh text yang ditampilkan di halaman web, By: C.H.I.P. Sensei

</body>

</html>

kalo udah, sekarang save dengan nama dasarHTML.

kalo udah disave, buka data yang tadi di save.

?

Pada bagian ini, kalian mungkin akan bingun,g karena html yang tadi disave dan cape cape diketikkan, ternyata gagal. Malah yang terbuka adalah file di notepad/wordpad. tau kenapa???

Karena ketika men-save, file tersebut di save dalem bentuk TXT, bukan HTML. Nah cara men-save dalem bentuk HTML yaitu: ketika mensave, ada satu tempat di bawah tempat kita menulis nama file,? yakni Save As Type. Silahkan ubah dari text document(*.txt) menjadi all files, ketika menulis nama, di akhir di berikan extensi .html, contoh: dasarHTML.html.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s