Fitur Siri di iPhone 4S Bikin Google Ketar-Ketir

 


CALIFORNIA – Fitur asisten suara Siri yang dibenamkan di iPhone 4S, ternyata membuat Google ketar-ketir. Ketakutan itu sendiri dirasakan langsung oleh chariman Google Eric Schmidt.

“Apple telah meluncurkan sebuah pendekatan yang sama sekali baru untuk teknologi pencarian dengan Siri, pencarian dan tugas penyelesaian berbasis suara yang dibangun ke iPhone 4S,” kata Schmidt dalam tanggapan tertulis kepada anggota parlemen yang dirilis Jumat oleh subkomite Senat antitrust AS, seperti dilansir AFP, Senin (7/11/2011).

Selain Siri, dia juga melihat tantangan datang dari jejaring sosial seperti Facebook, micro-blogging Twitter dan situs pesaing tradisional seperti Microsoft Bing.

“Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan jaringan sosial mereka untuk menemukan jawaban untuk pertanyaan mereka. Oleh karena itu Google bersaing dengan semua metode yang tersedia untuk mengakses informasi di internet, tidak hanya mesin pencari umum lainnya,” tulis Schmidt.

“Sumber kompetisi Facebook dengan Google tidak hanya melalui menggunakan Bing untuk mencari di internet. Tetapi, juga dengan menawarkan pengguna cara yang berbeda secara fundamental untuk menemukan dan terhubung dengan informasi di internet,” katanya lagi.

Menurut riset ComScore perusahaan mesin pencari itu memiliki pangsa 65,3 persen pasar mesin pencari AS, dan saat ini sedang diselidiki oleh badan-badan anti monopoli AS dan eropa.

“Google memiliki banyak pesaing yang kuat,” tandasnya. (tyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s