Perangkat Komputer Dan Kegunaannya

Komputer tersusun atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware). Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardwaretidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

Komputer sebagai sebuah mesin terdiri dari perangkat penyusun yang mewakili alur input, proses, dan output. Perangkat komputer secara garis besar terdiri atas:

1. Piranti pemrosesan merupakan otak dari komputer. Oleh karena itu sering diberi istilah sistem unit. Perangkat komputer ini mengendalikan seluruh aktivitas dari seluruh sistem komputer. Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut piranti ini adalah Central Processing Unit (CPU).
CPU
Processor adalah salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer. Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data. Kemampuan processor diukur berdasarkan kecepatannya dalam memproses perintah dan data yang dinyatakan dalam satuan megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz).

2. Monitor merupakan perangkat yang termasuk dalam softcopy. Softcopy digunakan untuk menampilkan tulisan dan gambar pada media lunak berupa sinyal elektronik. Ukuran monitor sama seperti ukuran televisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat. Ukuran monitor desktop yang ada saat ini berukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21”. Adapun ukuran monitor laptop yakni 12.1”, 13.3”, dan 14.1” Untuk ukuran resolusi di tentukan jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layar. Misalnya resolusi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain jumlah piksel yang tersusun di monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolusinya maka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan monitor.

Monitor

3. Mouse adalah alat penunjuk yang digunakan untuk mengatur posisi kursor di layar. Jika mouse digeser di bidang datar, kursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Pada program pengolah kata, mouse digunakan untuk menempatkan insertion point dengan cepat pada teks. Mouse juga digunakan juga untuk memilih icon-icon dalam menjalankan perintah-perintah.

4. Keyboard berfungsi sebagai perangkat tempat pengetikan perintah dan masukan lain pada komputer. Keyboard terdiri atas kumpulan tombol-tombol huruf, angka, tanda baca, dam simbol lainnya. Jumlah tombol pada keyboardantara 101 sampai dengan 105.

Keyboard

5. Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat cetakan pada kertas. Untuk itu, printer disebut hardcopy device.

Printer

6. Scanner merupakan perangkat masukan yang berfungsi untuk memindai suatu obyek sehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik lain seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek di atas kaca scanner. Scanner akan meraba secara elektronik masukan yang akan dibaca. Scanner menggunakan optical data reader sebagai alat pembacanya yang mampu membaca langsung data dari kertas biasa berupa grafik, gambar, ataupun tulisan.
Scanner
Demikianlah ulasan singkat yang telah saya sajikan mengenai Perangkat Komputer Dan Kegunaannya. Semoga saja tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s